Hebat! Kampus Ini Gelar Wisuda di Puncak Gunung Marapi

Sebuah Perguruan Tinggi asal Jambi melakukan hal yang tidak biasa dilakukan oleh perguruan tinggi lainnya. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturahim (Stikba) Jambi menggelar wisuda mahasiswa di puncak Gunung Marapi di Sumatera Barat. Aksi mereka pun viral.

Gunung Marapi yang memiliki ketinggian 2.891 Mdpl itu didaki oleh perwakilan kampus dan beberapa mahasiswa untuk wisuda. Di sana mereka menggelar wisuda di tempat terbuka dengan kondisi yang jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kenapa saya memilih wisudanya di atas Gunung Marapi? Karena saya ingin terlihat berbeda dari tahun-tahun lalu. Saya pikir begini, kita tentu butuh penyegaran di masa wisuda ini apalagi di masa daring ini, lalu saya juga berpikir kenapa yang lain bisa lakukan wisuda di tempat hal-hal yang unik, maka dari itu kami juga beranggapan tentu kita juga pasti bisa, maka dari itu kita pilih wisuda di atas puncak Gunung Marapi, walau meski di bantu oleh pemandu saat mendaki Gunung Marapi itu,” kata Ketua Stikba Jambi Filius Chandra saat dihubungi detikcom, Kamis (19/11/2020).

Dikatakan Filius, prosesi wisuda di atas puncak Gunung Marapi itu dirancang oleh pihak kampus sejak bulan Juli 2020 lalu. Sebelum melakukan pendakian ke Gunung Marapi, pihak kampus melakukan survei lokasi agar dapat dilalui tanpa kendala.

Filius juga mengaku jika mendaki Gunung Marapi merupakan yang pertama kali dilakukannya. Ia juga sempat khawatir namun dengan tekad yang kuat ia pun yakin wisuda itu dapat berjalan lancar.

Baca Juga :  Mahasiswa Unnes Dikembalikan ke Orang Tua, Gegara Laporkan Rektor ke KPK?

“Ya saya ini jujur baru pertama kali mendaki gunung, tetapi dengan yakin kita daki Gunung Marapi-nya hingga sampai ke puncak lalu kita lakukan proses wisuda dengan beberapa perwakilan,” ujar Filius.

Proses Wisuda Stikba Jambi dilakukan pada Kamis 12 November 2020. Proses wisuda ini selain di puncak Gunung Marapi, ada pula di dalam gedung hotel di Jambi. Wisuda ini juga dilakukan secara live dari pembukaan sampai proses wisuda dilaksanakan.

Loading...

“Karena tidak semua bisa ikut kesana, jadi kita lakukan secara daring saja, yang perwakilan di puncak Gunung Marapi, lalu untuk 223 mahasiswa lainnya wisuda di dalam gedung di Jambi. Tetapi kita lakukan proses wisuda itu secara live mulai dari pembukaan sampai proses wisuda saya lakukan di atas Gunung Marapi secara live juga dan akhirnya Alhamdulilah berjalan lancar,” kata Filius.

Baca Juga :  Mahasiswa Unnes Dikembalikan ke Orang Tua, Gegara Laporkan Rektor ke KPK?

Dapat Rekor MURI

Tidak hanya itu, selain berhasil melakukan proses wisuda di atas puncak Gunung Marapi, kegiatan itu bahkan juga mendapatkan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas acara wisuda diatas puncak gunung itu.

“Ya saya senang sekali, ada 2 Rekor MURI yang didapatkan, pertama kita mendapatkan 1 sertifikat dari MURI kepada institusi STIKBA Jambi lalu juga sertifikat kepada saya sendiri karena berhasil memecahkan rekor melakukan prosesi wisuda pertama kali dari atas puncak gunung,” ujar Filius

Baca Juga :  Mahasiswa Unnes Dikembalikan ke Orang Tua, Gegara Laporkan Rektor ke KPK?

Dengan dilakukannya wisuda di atas Gunung Marapi ini, bagi Filius menjadikan ini sebagai sebuah kenangan yang tak dapat dilupakan. Selain bentuk keluar dari zona nyaman dan yang pasti kampus dapat dikenal secar luas.

“Jadi dengan dapat Rekor MURI kita berpikir wisuda di atas gunung juga bentuk keluar dari zina nyaman dan bentuk mengenalkan kampus STIKBA Jambi lebih luas lagi bukan hanya di Jambi tetapi di luar Jambi,” kata Filius Chandra.

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *