Unik! Pasangan Pengantin di Karangasem Diantar ke Pelaminan Naik Arko

Upacara pernikahan unik baru terjadi di Kabupaten Karangasem, Bali. Bukan mobil, sepasang pengantin diantar pakai arko.

Arko dikenal sebagai alat satu roda yang biasanya digunakan untuk mengangkut barang. Pengantin inipun memanfaatkan alat tersebut.

Dikutip dari Beritabali.com, kedua mempelai yakni I Komang Saputra dengan Ni Kadek Yuliantari, warga Banjar Dinas Tukad Sabuh, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat.

Kala itu, mempelai pria menjemput sang wanita untuk diajak ke rumahnya, tempat diadakan acara pernikahan.

Uniknya, untuk menuju ke sana, keduanya menaiki arko warna merah yag telah dihias sedemikian rupa. Tampak beberapa warga membantu mendorong arko tersebut.

Menurut Saputra, alasannya menaiki Arko tersebut bukan datang dari darinya sendiri ataupun sang istri, melainkan karena ada salah seorang sahabatnya yang membayar “sanggupan” atau kaul.

“Sebelumnya ada teman yang bikin kaul, kaulnya jika saya nikah setelah upacaranya saya akan dianter naik arko saat nikah,” kata Saputra di sela – sela upacara pernikahannya pada Jumat (06/11/2020).

Loading...

Sementara itu, I Nengah Rata Yasa alias Kipli sahabat sekaligus orang yang membuat kaul tersebut mengatakan, kaul itu diucapkannya pada saat menggelar upacara melaspas sanggah di rumahnya beberapa bulan lalu.

“Waktu itu pas melaspas sanggah di rumah saya, saya bilang kalo nanti benar Komang Saputra ini nikah sama Yuliantri setelah upacara saya, maka nanti akan diantar pakai Arko saat upacara pernikahannya,” kata Kipli.

Pernikahan pasangan asal Karangasem yang menaiki arko itu mengundang perhatian.

Sumber: suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *